Asal kata sinso (gergaji mesin) di jawa timur

chainsaw-png-image-95943

Ketika berada di kota Ponorogo, tepatnya ketika ikut membantu di kegiatan warga dalam membangun rumah (sambatan) ada hal yang menarik dan cukup membuat saya penasaran yaitu kata “sinso”. Ya; orang-orang di ponorogo pada umumnya menamai atau menyebut sebuah gergaji mesin dengan nama sinso. Saya berpikir pada awalnya, mungkin itu salah satu nama merek sebuah gergaji mesin. Berdasarkan hal tersebut saya mengabaikan kata “sinso” yang terdengar lucu tersebut.

Pada suatu hari saya akan berangkat kerja naik sepeda motor dan melewati sebuah toko bangunan. Meskipun hanya sekilas lewat namun terbaca jelas sebuah tulisan promosi di depan toko bangunan tersebut yang berbunyi “Di sini jual sinso murah”. Karena kalimat tersebut saya jadi kepikiran lagi tentang kata sinso. apakah memang ada merek gergaji mesin sinso?, Atau itu salah satu jenis untuk gergaji mesin tertentu? Daripada penasaran akhirnya saya coba browsing di google tentang gergaji mesin sinso.

sinso
Hasil browsing saya

Dari hasil pencarian, tidak ada merek gergaji mesin dengan nama sinso atau senso. Tapi, memang sebagian orang menyebutnya dengan nama sinso atau senso. Lantas dari mana asal kata sinso tersebut?

Akhirnya saya berasumsi bahwa kata sinso berasal dari kata chainsaw. Sama seperti halnya lampu sein motor yang berasal dari kata sign (bahasa inggris turunan), Malah orang di Ponorogo menyebut lampu sein dengan kata riting (righting) 😀 .

Kemiripan dalam bunyi dan dialek dari masyarakat membuat bunyi kata serapan dari bahasa asing terdengar lunak dan mudah diucapkan.chainsaw-png-image-95943

Bisa kita lihat kemiripan dari hasil pelafalan chainsaw;- CHānˌsô,- cen so,- cin so,- sinso. Berdasarkan hal tersebut, terjawablah rasa penasaran saya tentang asal kata sinso tersebut, hehehe…

Published by

Aryo

Creative mind

Leave a comment